5 Kekuatan Dalam Sebuah Lagu

Minggu, Desember 18, 2011

1). Tema

Seperti yang kita tau, bukan sebuah rahasia lagi bila lagu dengan tema cinta memang selalu tetap menjadi nomer satu. Entah itu tema sedang jatuh cinta, putus cinta, patah hati karena cinta atau pun cinta yang bertepuk sebelah tangan. Bisa dibilang lagu dengan tema cinta sifatnya universal sehingga bisa diterima oleh semua kalangan. Meski demikian, lagu-lagu dengan tema selain cinta masih tetap memiliki tempat di hati para penikmat musik. Misal lagu dengan tema : sosial politik, nasionalisme, atau pun lagu dengan tema yang enteng dan ga penting lainnya.

2). Lirik

Lirik dalam sebuah lagu merupakan unsur penting yang mempengaruhi bagus tidaknya sebuah lagu. Biasanya lagu dengan lirik yang sederhana serta to the point akan lebih mudah dicerna dan diterima oleh kuping Indonesia ketimbang lagu dengan lirik yang menggunakan bahasa-bahasa yang njlimet (bahasa yang hanya si penulisnya dan Tuhan yang tau). Sebab dengan lirik inilah kita akan tau, apa yang ingin penulis sampaikan. Dengan kekuatan lirik ini jugalah si penulis bisa membuat para pendengarnya turut larut ke dalam suasana apa yang penulis pikirkan.

3). Aransemen / musik

Aransemen atau musik disini bertugas sebagai pendukung lirik agar suasana yang penulis ingin sampaikan lebih hidup. Meskipun ga ada aturan baku dalam hal ini, menurut gue aransemen atau musik yang bagus ga selalu harus dibubuhi dengan skill-skill atau teknik permainan tingkat dewa disepanjang lagu, cukup seperlunya saja sesuai dengan tema. Misal, lagu dengan tema lirik cinta akan lebih ngena di hati bila dibalut dengan musik yang slow dan lembut. Begitu juga lagu dengan tema-tema pemberontakan akan lebih hidup bila di dukung dengan alunan musik yang gahar.

4). Cara penyampaian / penjiwaan

Bayangka bila dalam sebuah lagu dengan tema lirik patah hati dinyanyikan sambil tertawa, atau sebaliknya sebuah lagu dengan tema lirik ceria dinyanyikan sambil nangis-nangis. Sebagai pendengar yang berjiwa sehat, maka apa yang kamu pikirkan bila lagu-lagu tersebut disampaikan dengan cara demikian? Saya rasa kamu akan sependapat dengan pemikiran saya "vokalisnya edan".

5). Si penyampai / penyanyi

Menjadi penyampai lagu atau penyanyi bukanlah hal yang mudah, bisa juga dibilang ini merupakan sebuah tugas yang berat. Sebab ditangan penyanyi inilah nasib sebuah lagu dipertaruhkan. Bila seorang penghasil suara yang memang punya kualitas dari sononya, maka lagu apapun yang dibawakan olehnya akan terasa enak. Tapi sebaliknya, jika sebuah lagu bagus dibawakan oleh orang yang dianugerahi suara ancur, maka dapat dipastikan lagu tersebut bakal ikutan ancur.

Baca juga

0 komentar

Featured Post

Catatan Hati Seorang Pengendara Sepeda Motor

Hampir lima tahun sudah saya menjadi pengguna setia jalanan di Jakarta, hampir lima tahun juga saya mulai membiasakan diri untuk menik...

Like us on Facebook

Ads