Dampak Negatif Kebanyakan Main Game Online

Kamis, Juni 03, 2010


Nggak bisa disangkal lagi, yang namanya warnet dan internet dari dulu kayanya emang selalu diidentikan dengan hal-hal yang berbau negatif. Dan pernyataan tersebut semakin nyata setelah belakang ini berkembangnya warnet-warnet yang menyediakan fasilitas game online yang kian hari kian menjamur. Anyway, dipostingan sebelumnya, gue juga sempet nyerempet-nyerempet tentang hal ini tapi gue nggak jadi (baca disini). Dan kali ini gue mau ngomongin dampak dari kebanyakan maen game online di warnet yang gue simpulkan sendiri dari pengalaman selama jadi tukang jaga warnet, yang mungkin temen-temen gamers nggak menyadarinya. Okeh, tanpa banyak basa-basi lagi, mending langsung simak aja deh.

Dampak negatif kebanyakan game online di warnet menurut gue :

- Bikin lupa waktu
.

Gimana nggak bikin lupa waktu coba? Lagi asik-asiknya maen game, kita merasa belum puas (kalo gue pikir-pikir sih nggak bakalan bisa puas) dengan level game yang kita mainkan, sehingga memicu untuk menambah jam main sampe kelewat waktu. Sampe akhirnya kita jadi lupa makan, lupa mandi, lupa sholat, bahkan mungkin bisa juga sampe lupa bernafas.

- Membuat jadi malas dan nggak peduli dengan keadaan sekitar. 
Orang yang udah kecanduan sama yang namanya game pasti bakalan sibuk dan terlalu asyik sama dunianya (dunia yang diciptakannya dalam game tersebut), sehingga membuat dia jadi nggak peduli dengan orang lain dan keadaaan sekitarnya. Yang ada di kepalanya cuma "Bagaimana caranya memenangkan game yang dimainkannya dan bisa mencapai level yang diinginkan". Ujung-ujungnya kita jadi males buat ngapa-ngapain selain main game.

- Mendidik bocah agar memiliki otak kriminal. 
Secara nggak sengaja ternyata game online mendidik si bocah buat belajar jadi tukang boong, penipu dan tukang ngutang. Di sisi lain warung internet yang menyediakan fasilitas buat maen game online juga ternyata digunakan sebagai sarana pembelajaran mereka dalam penggunaan perbendaharaan kata-kata "jorok", mulai dari nyebutin kotoran manusia, nama binatang berkaki empat, sampai nyebutin alat kelamin, gara-gara permainan kita nggak sesuai dengan apa yang kita inginkan atau gara-gara kita nggak berhasil buat mencapai level yang kita idam-idamkan.

- Berkurangnya kesehatan jika terlalu lama duduk di depan komputer.
Beberapa gangguan kesehatan yang mungkin terjadi di antaranya : maag (gara-gara sering telat makan), sakit punggung (akibat posisi duduk yang nggak nyaman dan kurang gerak serta kebanyakan memanggul komputer), penyakit mata (akibat radiasi monitor), budek (soalnya gue sering denger antar gamers yang duduknya walaupun bersebelahan masih tetep aja teriak-teriak), dan bahkan yang lebih parah lagi dapat mengakibatkan kematian (mungkin gara-gara mouse atau keyboardnya nggak sengaja ketelen kali yah...).

- Menguras isi kantong. 
Gimana isi kantong nggak mau jebol coba? Buat maen game di warnet pastinya bayar dong, sekali maen paling minimal 1 jam, kalo sehari bisa maen berkali-kali sampe berjam-jam, gimana coba? Dan satu hal yang perlu diketahui, internet itu bisa bikin kecanduan. Dan buat buat orang yang udah kecanduan pasti akan melakukan berbagai cara buat melampiaskan hasratnya, yang akhirnya ujung-ujungnya balik lagi ke point dua.

Ni nih yang sering bikin gondok...
Yang maen game satu bocah, tapi yang ngaterin se-RT...


Dan siapa bilang kalo maen game nggak ada efek positifnya? Ada kok. Kira-kira kalo menurut gue sih sebagai berikut :

- Bisa ngurangin stress.

Tapi awas...!!! Kalo kebanyakan maen game bukannya ngurangin stress, tapi malah bisa-bisa stress-nya jadi permanen lho.

- Kalo menurut riset yang udah diadakan sih katanya maen game bisa bikin anak jadi cerdas.
 

Tapi sampe sekarang gue kok belum nemuin tanda-tanda kejeniusan yang dimiliki sama anak-anak yang maen game di sini yah???.

- Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.

Meskipun taunya cuma, yes sama no doang tapi ya lumayanlah...

- Jadi punya banyak temen dan kenalan.

Baik teman ataupun di dunia nyata ataupun dunia maya.

Dari semua kerugian dan keuntungan yang udah gue jabarin di atas, sebenernya ada pihak yang jauh lebih merasa untung akibat dari game online tersebut, bahkan mungkin bisa dibilang selalu diuntungkan, yaitu : pemilik warnet. Yap...kenapa??? Karena semakin banyak dan semakin lama yang maenin game, tentu pemasukan yang didapat juga akan semakin banyak bukan? Hehehe...


Semoga bermanfaat...

Baca juga

4 komentar

  1. Mantap gan..
    Gue juga dulu tuh gamers banget. sehari main bisa 4-10 jam. Waktu itu gue kecanduan banget sm yg namanya game online.. Tapi seketika pas gue udah di level tinggi, tau2 nya? Gue kena BANNED!
    Bayangin aja berapa UANG yang gue keluarin buat main game online?
    Juta-an gan! Terus ke BANNED gitu aja -_-. Rugi JUTAAN GAN!!

    Pas saat itu juga gue berhenti maenin game online, gue bakal berusaha manfaatin internet buat hal2 positif yang gak bikin rugi uang, hati, fikiran, dan waktu.. ^_^

    BalasHapus
  2. Wah sayang banget tuh gan kalo sampe jutaan gitu... Mending buat nyicil motor gan, terus motornya buat ngojek, nah duit hasil ngojeknya baru deh buat maen game... Hahaha...

    BalasHapus
  3. bner gan, biar pada sadar tuh yg keseringan main warnet biar tobat.. :D

    BalasHapus

Featured Post

Catatan Hati Seorang Pengendara Sepeda Motor

Hampir lima tahun sudah saya menjadi pengguna setia jalanan di Jakarta, hampir lima tahun juga saya mulai membiasakan diri untuk menik...

Like us on Facebook

Ads