Gue Akan Mengingatnya Sampe Lupa...(Bag I)

Kamis, Juni 24, 2010

Selamat malam pemirsa...!!!! Dimanapun Anda berada...
Pasti kalian pernah dong punya pengalaman menarik ato hal-hal yang pernah kamu alami dan ga gampang buat dilupain, entah itu hal-hal yang lucu, konyol, menyenangkan, menyedihkan, membanggakan atau bahkan mungkin malah memalukan. Dan kali ini, kalo boleh gue mau berflashback ria ke masa sekitar setengah tahun yang lalu, tepatnya saat gue mendapatkan kesempatan buat belajar tentang banyak hal yang menurut gue sangat berharga dalam hidup gue yang ga bakal gue dapetin di tempat lain. Gue mencoba buat mengingatnya kembali, episode demi episode, detail demi detail pengalaman yang gue alami dan berusaha buat mengkisahkannya kembali disini. Mudah-mudahan kisah ini bisa bermanfaat ato paling ga bisa dimanfaatkan dengan baik dan benar oleh temen-temen lah... amieeen...

Gue akan mengingatnya sampe lupa...(Bag I)

Gue inget malem itu gue ditelpon sama temen gue, dari balik telpon dia bilang kalo sekarang lagi ada temennya yang lagi nyari orang buat kerja, dan gue diminta buat cepetan dateng ke situ. Gue inget malam itu dengan tergesa-gesa gue langsung cabut menuju Klender, dan gue inget banget perasaan gue malam itu lebih mirip seorang bapak yang lagi berusaha mati-matian buat menjemput seorang dukun bayi karena isterinya mau lahiran, hmm... atau mungkin malah lebih mirip sama anak sekolah yang takut dapet hukuman dari gurunya gara-gara telat masuk kelas.

Di Klender gue dikenalin temen gue sama seseorang yang bernama Arief, dialah orang yang lagi nyariin orang buat kerja. Gue inget di sana gue dijelasin panjang lebar tentang segala macem apa yang bakal gue kerjain di tempat kerjaan yang baru ini, tapi sayang... cuma satu doang yang bisa gue inget sampe sekarang, yaitu : gue ga inget sama sekali semua yang dia omongin saat itu. Parah.

Gue inget hari di mana gue diseleksi, hari itu adalah hari yang penuh ketegangan buat gue, tapi dengan sekuat tenaga akhirnya gue bisa ngelewatin itu semua dengan selamat sentosa tanpa kurang suatu apa. Gue masih inget pas gue mau pulang abis diseleksi, gue terpaksa mutusin buat pulang sendiri karna si Arief, orang yang gue tebengin pas berangkatnya dan berharap juga bisa gue tebengin baliknya sedang keluar buat tugas, dan kemungkinan bisa balik lagi ga bisa ditebak. Oleh karena itu, dari pada gue entar lumutan gara-gara nungguin orang yang ga jelas makanya gue nekat-nekatin buat balik sendiri walaupun gue sendiri bener-bener buta sama jalanan di Jakarta. O iya, gue juga jadi inget sebelum gue balik, gue juga sempet kenalan sama perempuan berkacamata dan bertai lalat, namanya Shinta. Dia tanya ke gue kaya gini : "Kamu ngelamar kerja disini di bagian apa mas?", dan gue jawab dengan pedenya, "Gue sendiri sampe sekarang masih aja ga tau tuh mba...". Yap... gue pada saat itu emang masih bener-bener belum tau gue bakal dimasukin di bagian apa.

Gue inget abis keluar dari tempat gue diseleksi tadi, gue tiba-tiba merasa jadi kaya orang ilang. Berkeliaran sendiri di tempat yang seumur hidup baru sekali ini gue datengin. Gue inget pikiran gue saat itu bener-bener ga karuan banget. Gue sempet mikir : Kayaknya gue ga bakal bisa balik lagi dengan selamat deh, gue bakal jadi gelandangan di sini, gue bakalan di culik, terus gue bakal jadi korban perdagangan manusia, gue bakal diekspor keluar negeri... ooh tidaaaaaaaaak...!!! Tapi ditengah-tengah kebingungan gue, tiba-tiba gue inget sama satu kalimat yang udah menjamur di kuping tapi cukup manjur buat orang yang lagi tersesat kaya gue. Kalimat tersebut kira-kira gini bunyinya "Malu bertanya, Mague yang jawab" "Malu bertanya sesat di jalan, banyak nanya malu-maluin". Akhirnya gue mutusin buat pilih-pilih orang yang bakalan gue kasih pertanyaan, hmm...maksud gue tanyaain jalan buat pulang, ya gue inget saat itu gue ketemu sama seorang kakek-kakek penjual minuman, ternyata dia orang jawa. Dan kayaknya gue ga salah orang, beliau mau berbaik hati buat menolong si anak malang yang lagi ilang ini. Dia berusaha mati-matian buat ngejelasin jalan gue buat pulang, tapi sayang walaupun udah dijelasin panjang kali lebar, si anak malang ini lupa kalo dia itu punya daya buat nginget suatu tempat yang lemah.

Gue masih inget, sang kakek saat itu ngasih gue 3 pilihan kendaraan yang bisa nganter gue ke terminal Grogol, yaitu : 1. Angkot, yang konon katanya jarang lewat situ, kadang sebulan sekali baru lewat, itupun kalo supirnya merasa iseng karena ga ada hal lain yang bisa dikerjakan (hahaha...), 2. Ojek yang ongkosnya agak mahal, 3. Bajai kendaraan mancung roda tiga yang paling ditakutin sama nyamuk. Dan pilihan gue pun akhirnya jatuh pada pilihan yang terakhir, yap...naik bajai. Dan inilah pertama kalinya tercatat dalam sejarah hidup gue buat naik yang namanya seekor bajai.

Yang terlintas pertama kali waktu gue denger kata bajai, gue berpikiran kalo gue bakal naik kendaraan super sempit, gue bakal merasakan sumpek, pengap dan ga bisa bernafas, dan satu lagi gue bakal menderita gemeteran sehari semalem gara-gara efek naik bajai. Tapi ternyata tiba-tiba mendadak prasangka buruk gue tentang bajai selama ini berubah seketika setelah gue menaikinya. Ternyata yang namanya bajai itu ga sesempit yang gue kira, ga sesumpek dan ga sepenganp yang gue duga. Ternyata yang namanya bajai itu full AC...ya AC alami. Nyaman. O iya, satu hal lagi yang masih gue inget, ternyata abang tukang bajainya orang Jawa juga. Jadi gue ga perlu repot-repot deh buat pake bahasa Tarzan atau bahasa isyarat yang biasa dipake sama orang bisu buat nyampein maksud dan tujuan gue. Cukup pake bahasa yang biasa dipake dalam acara ketoprak dan pewayangan aja.

(Bersambung....)

Baca juga

2 komentar

  1. Jiah
    Bagus ceritanya
    Emang pnya bakat lo bang

    BalasHapus
  2. Makasih dick...

    btw bakat apaan tuh??? bakat buat jadi badut???

    BalasHapus

Featured Post

Catatan Hati Seorang Pengendara Sepeda Motor

Hampir lima tahun sudah saya menjadi pengguna setia jalanan di Jakarta, hampir lima tahun juga saya mulai membiasakan diri untuk menik...

Like us on Facebook

Ads