Tahun Baru, Resolusi Lama...

Senin, Desember 31, 2012

Wuih... bentar lagi kita mau ngerayain malem tahun baru lagi nih. Perasaan baru kemaren kita ngerayain malam pergantian tahun, eh sekarang udah mau ngerayain lagi. Ternyata waktu satu tahun itu cepet banget berlalu ya. Itu artinya bertambah satu tahun lagi dong usia kalender yang kita pake. Selamat ulang tahun ya nder... *salim* *ngomong sama kalender*

Gue denger-denger tahun ini bakal ada Car Free Night ya? Hmm.. kayaknya malem pergantian tahun kali ini bakalan seru nih... Kapan lagi coba, ada mobil gratis malem-malem? Hehehe...

Well... yang pasti, entah kalian setuju atau ga, entah mengapa gue merasa kalo satu tahun ini berasa singkat banget. Berbeda ketika kita lagi nugguin tanggal gajian, waktu sehari aja berasa seperti puluhan tahun lamanya. Lama banget. (Ah sialan... malah jadi curhat).

Seperti di tahun-tahun sebelumnya, ketika tahun yang lama mau berganti ke tahun yang baru, orang-orang biasanya pada sibuk merancang resolusi untuk tahun depan. Ada yang pengen beli rumah baru, dapet pekerjaan baru, punya pacar baru, atau apapun yang biasanya serba baru. Beda orang tentu berbeda juga resolusinya. Lantas apa resolusi gue sendiri di tahun baru ini (selain resolusi untuk mengganti kalender yang lama dengan kalender yang baru. Hahaha...). Jujur, sampe detik ini gue masih bingung dan sama sekali belum terlintas sedikitpun di kepala gue apa yang mau gue jadiin resolusi buat tahun depan. Ga, ini bukan berarti gue ga punya resolusi gue juga ga punya motivasi buat jadi lebih baik. Gue pikir selama ini apalah artinya sebuah resolusi. Berdasarkan pengalaman gue, selama beberapa tahun terakhir, resolusi gue hampir selalu sama dari tahun ke tahun. Kerena bisa dibilang, setiap berganti tahun kurang lebih gue cuma tinggal meng-copy-paste resolusi dari tahun-tahun sebelumnya. Yap, kenapa bisa demikian? Terus selama ini gue ngapain aja? Apakah itu artinya resolusi gue selama ini sama sekali ga ada yang berhasil? Okeh, gue jelasin...

Kenapa bisa demikian? Terus selama ini gue ngapain aja?

Gue rasa sebuah hal yang manusiawi. Yah, namanya juga gue manusia, sama seperti manusia-manusia pada umumnya. Ketika sesuatu lagi ngetrend dan lagi hangat dibicarakan, biasanya agar ga dibilang ketinggalan kita pun akhirnya ikut-ikutan. Iya, awalnya gue cuma iseng ikut-ikutan trending topic bikin resolusi yang biasanya jadi tradisi ketika momen pergantian tahun. Kebanyakan orang (termasuk gue), biasanya selalu bersemangat untuk membuat resolusi-resolusi pada saat menjelang tahun baru atau di minggu-minggu pertama di tahun yang baru. Biasanya (termasuk gue juga), seiring waktu berjalan, Januari berganti Februari, Februari berganti Maret, Maret berganti April, dan seterusnya, justru malah semakin lupa dengan apa yang udah kita rencanakan di awal tahun. Biasanya (lagi-lagi termasuk gue), adalah orang-orang yang terlalu malas dan sok sibuk buat mewujudkan resolusi-resolusi yang udah kita rancang. Hingga akhirnya, ada yang sadar dan ada yang ga (gue termasuk yang ga sadar), ternyata tahun udah mau berganti lagi, sedangkan reolusi yang telah kita rancang masih aja kita anggurin.

Apakah itu artinya resolusi gue selama ini sama sekali ga ada yang berhasil?


Ga semua, ada beberapa resolusi gue yang terwujud, ada juga yang justru malah gue pikir udah ga berlaku lagi, karena prioritas resolusi tersebut dirasa udah ga penting lagi, dan yang lainnya gue sisain buat tahun depan, kalo ga terwujud, ya berarti buat tahun depannya lagi. Hehehe...

Jadi begitulah, gue sendiri juga ga nyalahin dengan mereka-mereka yang sedang sibuk bikin resolusi buat tahun depan, toh itu udah jadi hak mereka, dan gue juga ga berhak apa-apa ngelarang. Tanpa maksud menggurui, gue cuma bisa ngasih pesan : "Janganlah terlalu banyak membuat resolusi, apalagi resolusi tersebut terlalu muluk-muluk dan ga diimbangi dengan kemampuan kita. Karena ketika apa yang kita harap-harapkan tersebut gagal terwujud, efeknya akan sangat mengecewakan buat kita sendiri. Dan, Ketika resolusi tersebut telah dibuat dan tahun mulai berjalan, janganlah terlalu terpaku dan ngoyo dengan resolusi yang telah kita rancang, ada baiknya sedikit kita berekplorasi. Karena gue yakin, banyak hal spontan diluar rencana kita yang justru malah lebih penting dan lebih dibutuhkan ketimbang apa yang ada di dalam daftar resolusi kita..."

Okeh... SELAMAT TAHUN BARU ya...

Baca juga

0 komentar

Featured Post

Catatan Hati Seorang Pengendara Sepeda Motor

Hampir lima tahun sudah saya menjadi pengguna setia jalanan di Jakarta, hampir lima tahun juga saya mulai membiasakan diri untuk menik...

Like us on Facebook

Ads