Saya Golput... Saya Ga Dosa Kan Ya?

Minggu, Februari 24, 2013

Hari ini kebetulan sedang berlangsung Pilgub (Pemilihan Gubernur) Jawa Barat. Meskipun saya tinggal di Jakarta, tapi setahun belakangan ini di KTP saya, saya terdaftar sebagai warga Jawa Barat. Dan itu artinya, saya memperoleh hak untuk memilih pada Pilkada kali ini, namun sayangnya saya sendiri memilih untuk tidak menggunakan hak pilih saya alias Golongan Putih (Golput). Saya ga dosa kan ya?

Sebenarnya saya agak risih ketika menyebut diri saya sendiri sebagai Golongan Putih, karena jika dilihat dari sisi manapun, orang akan tau kalo kulit saya itu tidaklah putih. Tapi who cares? Inilah keuntungan bagi kulit hitam setiap ada pilkada, dimana kaum kulit hitam boleh mengaku-ngaku putih tanpa ada yang protes. Kapan lagi coba bisa kaya gini?

Well... Ada satu buah pertanyaan yang mungkin ga penting buat dipikirin yang terlintas di pikiran saya : "Kalo ga ikut berpartisipasi dalam pilkada disebut sebagai golongan putih, lantas orang-orang yang ikut berpartisipasi disebut golongan merah gitu? Atau mungkin golongan hitam?". Soalnya bukan apa-apa, saya merasa kasian aja sama ibu-ibu yang udah semangat dandan maksimal dari subuh biar keliatan cantik dan putih, pada akhirnya akan disebut golongan hitam juga.

By the way... Menurut saya, ada beberapa alasan yang bikin orang lebih memilih golput ketika pilkada, diantaranya adalah : Pertama, ga kenal sama Calon Gubernurnya. Kedua, males berangkat ke TPSnya. Dan yang ketiga, Prinsip.

Untuk saya sendiri, saya memilih golput bukan karena saya ga kenal sama ke-5 cagub Jawa Barat. Bukankah mereka udah sering bolak-balik muncul di TV sebelumnya? Jadi bohong banget kalo ga kenal sama mereka. Saya sih udah kenal sama mereka semua, tapi sayangnya mereka semua ga ada yang kenal sama saya.

Terus buat yang memilih golput karena males berangkat ke TPS, saya sih ga nyalahin orang-orang yang pake alasan ini. Gimana ga males coba? Katanya kita disuruh nyumbang suara, tapi kenapa kita malah disuruh dateng ke TPS (Tempat Pembuangan Sampah)? Ngapain coba? Lagian saya juga udah pesimis dengan suara saya sendiri, ga usah nyumbang suara juga suara saya memang udah sumbang dari sononya. Kalo suara saya bagus, pasti saya udah ikutan X-Factor Indonesia dan terkenal.

Nah buat yang golput karena prinsip, saya yakin prinsipnya mungkin hampir sama seperti prinsip yang dipake ketika saya masih jomblo dulu. Prinsipnya gini : "Hidup ini banyak pilihan, salah satunya adalah memilih untuk tidak memilih".

Ga memilih bukan berarti saya ga peduli. Justru karena saya peduli, makanya saya memilih golput. Saya peduli dengan asas keadilan. Kalo saya pilih no 1, ntar yang no 2,3,4,5 pada ngiri, ntar kalo saya pilih no 2, ntar yang no 1,3,4,5 pada ngiri, dan begitu seterusnya. Tapi kalo dipilih semua ntar jatohnya golput juga. Jadi sia-sia dong nyoblosnya, soalnya bangun pagi di hari minggu itu susah dan penuh perjuangan lho.

Well... Siapapun yang nantinya bakal jadi orang no 1 di Jawa Barat, saya yakin kalo beliau adalah orang yang mendapat suara terbanyak pilgub kali ini. Itu pasti.

Baca juga

0 komentar

Featured Post

Catatan Hati Seorang Pengendara Sepeda Motor

Hampir lima tahun sudah saya menjadi pengguna setia jalanan di Jakarta, hampir lima tahun juga saya mulai membiasakan diri untuk menik...

Like us on Facebook

Ads