Pendiam, Sombong sama Percaya Diri itu Beda !

Rabu, Februari 27, 2013

Banyak orang yang pertama kali liat saya langsung menilai kalau saya itu orangnya sombong, tapi nggak sedikit juga sih yang bilang kalo saya itu orangnya pendiam, gara-gara saya jarang sekali ngomong dan males nyapa orang duluan. 

Mungkin sombong dan pendiam itu sekilas tampak mirip, karena keduanya sama-sama 'nggak suka berkomunikasi dengan orang lain'. Padahal menurut saya keduanya memiliki makna dan konotasi yang berbeda. Seseorang mungkin akan lebih senang disebut sebagai seorang yang pendiam ketimbang disebut sebagai seorang yang sombong, hal ini tentu saja disebabkan karena sombong memiliki makna konotasi yang lebih buruk ketimbang pendiam.

Untuk membedakannya, dapat kita lihat dari sikap atau perilaku seseorang dalam kesehariannya. Orang sombong tidak suka berkomunkiasi dengan orang lain karena memang pembawaannya yang angkuh, suka meremehkan orang lain, dan menganggap dirinya lebih baik dan paling benar dari pada orang lain yang berada di sekitarnya. Intinya si sombong itu menganggap bahwa orang lain itu berada di bawah levelnya. Sedangkan si pendiam tidak suka berkomunikasi dengan orang lain karena memang pembawaannya yang pemalu dan lebih nyaman tertutup. Nah... sampai di sini jelas perbedaanya bukan?

Di sisi lain, ada juga orang yang beranggapan bahwa sombong sama percaya diri itu mirip, karena sama-sama merasa punya kepercayaan yang besar pada apa yang dia miliki. Bingung? Baiklah, akan saya coba jelaskan perbedaannya:


Orang sombong adalah orang yang punya rasa bangga yang berlebihan pada apa yang dia miliki, dan biasanya diikuti dengan rasa bahwa dirinya lebih baik dari orang lain. Sedangkan orang percaya diri adalah orang yang percaya pada kemampuan yang ia miliki dan merasa selalu bisa melakukan apa pun tanpa harus selalu memamerkannya kepada orang lain. Orang sombong biasanya akan lebih banyak bicara tentang dirinya sendiri, tidak jarang pula dilebih-lebihkan agar terlihat lebih keren. Sedangkan orang yang percaya diri lebih memilih diam dan membuktikan bahwa dirinya bisa. Orang sombong lebih cenderung dijauhi teman, sedangkan orang percaya diri akan punya banyak teman karena mudah bergaul.

Biar nggak bingung, berikut saya kasih contoh :

"Orang yang sombong setelah menginjak tai kebo, maka dia akan merasa sangat  bangga dan langsung menceritakan pengalamannya ke semua orang bahwa dirinya baru saja menginjak tai kebo. Sedangkan untuk orang yang percaya diri, setelah menginjak tai kebo maka dia akan percaya pada dirinya sendiri bahwa yang barusan dia injak adalah tai ayam, bukan tai kebo, meskipun yang barusan dia injak adalah benar-benar tai kebo."

Baca juga

2 komentar

  1. tapi asline nek koe tah baik hati dan tidak sombong yaa

    BalasHapus
  2. Baik hati, tidak sombong dan ganteng pastinya...

    BalasHapus

Featured Post

Catatan Hati Seorang Pengendara Sepeda Motor

Hampir lima tahun sudah saya menjadi pengguna setia jalanan di Jakarta, hampir lima tahun juga saya mulai membiasakan diri untuk menik...

Like us on Facebook

Ads