Sumpah Pemuda, Perlukah Dikaji Ulang?

Minggu, Oktober 28, 2012

Selamat Hari Sumpah Pemuda teman...

Barusan gue iseng googling tentang sejarah Sumpah Pemuda, apa yang melatarbelakangi, dan apa itu isi Sumpah Pemuda. Gue yakin ga sedikit pemuda yang senasib seperti gue, ga tau apa-apa tentang makna Sumpah Pemuda

Setelah gue baca lagi isi Sumpah Pemuda, poin ke 3 yang bunyinya "KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA". Mendadak gue jadi miris ketika gue sadar dengan apa yang terjadi sekarang ini khususnya apa yang dialami oleh para pemuda-pemudi masa kini yang hobinya mencemari Bahasa Indonesia, entah itu dengan kalimat yang disok imut-imutin yang justru malah bikin amit-amit ataupun dengan tulisan-tulisan yang mengawinkan secara paksa huruf dan angka semacam rumus fisika yang kita kenal dengan bahasa 'ALAY'. Yang lebih gue takutin lagi adalah, kelak Sumpah Pemuda akan berganti nama menjadi "Sumpah Miapah?".

Melihat kondisi tersebut, untuk mempertegas lagi isi Sumpah Pemuda khususnya poin yang ke 3, agaknya mungkin sudah saatnya isi Sumpah Pemuda tersebut kita kaji ulang, kalo boleh gue ngusulin, maka setelah direvisi seharusnya bunyinya adalah sbb :

"KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA
PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA, BOEKAN BAHASA JANG DI SOK IMOET-IMOETIN APALAGI BAHASA ALAY"



hEhEhE... C!yuss 4m4t c!h b4c4n4??


Baca juga

0 komentar

Featured Post

Catatan Hati Seorang Pengendara Sepeda Motor

Hampir lima tahun sudah saya menjadi pengguna setia jalanan di Jakarta, hampir lima tahun juga saya mulai membiasakan diri untuk menik...

Like us on Facebook

Ads