Ada Apa Dengan Jempol?

Senin, Februari 06, 2012

Gue udah lama bergelut dalam dunia per-facebookan Indonesia, tapi sampai sekarang gue masih ga ngerti apa konsepnya orang yang suka ngemis-ngemis jempol ke sesama temennya di Facebook.

Biasanya kaum fakir jempol seperti ini akan muncul secara tiba-tiba di facebook chat, di wall, atau bahkan di comment status orang. Kaum fakir jempol seperti ini juga ga sedikit yang sering pake nama yang tulisannya selalu berhasil bikin bola mata kita hampir jungkir balik ketika mengejanya. Ada semacam kecurigaan bahwa kaum fakir jempol ini adalah salah satu bentuk kamuflase dari spesies 4L4Y. Mereka biasanya muncul secara ajaib sambil nodongin kalimat 'L!kE!n st4tU5 9uE d0nk plE45E...'. Seakan-akan mereka sedang sekarat di dalam sebuah ruang operasi dan sangat membutuhkan banyak donor jempol agar nyawanya bisa tertolong. Dan di lain kesempatan, ada juga yang menggunakan modus yang berbeda, yaitu dengan memberi jempol status orang lain dan tidak ketinggalan dia akan meninggalkan komentar 'L!kE b4ck y4wh..' berharap agar statusnya juga dilike. Kalopun statusnya ternyata ga di-like back, maka dia pun akan memungut kembali jempol yang digunakan buat pancingan tadi. Iya.. mereka memang ga mau rugi jempol sedikit pun. Nah, yang jadi pertanyaan gue adalah : APA YANG BISA DIHARAPKAN DARI BANYAKNYA JEMPOL YANG SATU JEMPOLNYA BUAT DIPAKE NGUPIL AJA GA BISA?

Okeh.. gue sendiri juga ga bisa memungkiri bahwa banyaknya jempol dapat juga dijadikan sebagai sebuah indikasi tingkat popularitas seseorang di jagat Facebook. Dengan kata lain, semakin banyak jempol yang didapat, maka akan dianggap semakin keliatan keren juga di mata temen-temen facebook yang lain. Dan gue sendiri pun pernah mengalaminya. Pada waktu itu gue sedang diare dan gue tulis status 'Sakit perut nih.. entah sehari udah berapa kali gue harus bercumbu dengan yang namanya wc..'. Selang beberapa menit kemudian, ga disangka-sangka ternyata status gue banyak yang ngasih jempol. Padahal gue ga pernah mendapatkan jempol sebanyak ini pada status-status gue sebelumnya. Seketika itu gue mendadak merasa jadi orang paling ganteng sedunia, yah meski gue dalam keadaan sedang diare parah sekalipun. Hingga akhirnya gue sadar apa yang gue tulis di status gue barusan adalah curahan hati tentang betapa tersiksanya gue yang lagi menderita diare. Terus kenapa malah banyak yang ngasih jempol? Apa mereka pikir jempol-jempol tersebut bisa gue pake buat menyumbat pantat gue biar ga bolak-balik ke wc lagi? Bukankah ini sebuah penghinaan besar? Coba deh lo bayangin ketika lo lagi lemah lunglai ga berdaya gara-gara diare, terus tiba-tiba temen-temen lo pada dateng terus ngacungin jempolnya ke atas sambil menghadap ke arah kita? Lo pikir diare itu nikmat sampe-sampe pada ngacungin jempol semua? Dan entah mengapa pada saat itu juga gue mendadak merasa sangat didzolimi oleh temen-temen Facebook.

Kadang gue juga sering merasa aneh dengan ulah para Jempolers (joki jempol) yang sering menyalahgunakan hak jempolnya dalam menge-like status seseorang tanpa ngerti maksudnya. Dalam dunia nyata, jempol merupakan simbol kenikmatan, kepuasan, kesukaan dan tanda persetujuan, misalnya : setelah mencicipi hidangan lezat, diperlihatkan barang bagus yang mewah, melihat penampilan seseorang, atau sependapat dengan gagasan seseorang. Terus kenapa status orang yang isinya penderitaan, kesialan, tragedi serta status-status orang yang sama sekali ga informatif dan cenderung hanya membicarakan dirinya sendiri yang menurut gue ga ada sisi menariknya juga dikasih jempol?


Baca juga

6 komentar

  1. Betul banget gan... keren postingannya..
    malah ada juga nulis sendiri, jempolin sendiri :)

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. :3 s3tUjU b4uDd b4n9 ! W4h iN! Ab4n9 t3riN5piR45i s4m4 p3rt4nY44n 4koWh d! KONDOM Yu4ch ! *ge'er*
    !n! K0m3nT4r 4koWh gU9 aL4y k4ndd b4n9 . Pl3ac3 b!l4n9 3ng9ag yu4cH .. Ce ka ce ka ce ka :D

    BalasHapus
  4. @Kang Ismet : Makasih kang.. kalo orang yang suka ngacungin jempol ke dirinya sendiri berati namanya sombong ya kang?

    BalasHapus
  5. @yuyu moniaga : thx.. udah meninggalkan jejak..

    BalasHapus
  6. @nuriemoo : 4h l0 4L4Y b9t s!h... Ud4h db!l4n9!n j9n p4k3 tUl!s4n y9 k4y4k b39!n!4n.. b!n9Un9 9Ue b4c4ny4..

    BalasHapus

Featured Post

Catatan Hati Seorang Pengendara Sepeda Motor

Hampir lima tahun sudah saya menjadi pengguna setia jalanan di Jakarta, hampir lima tahun juga saya mulai membiasakan diri untuk menik...

Like us on Facebook

Ads